tips memilih supplier yang terpercaya

Posted by Unknown Sabtu, 22 November 2014 1 komentar
tips memilih supplier
Apabila anda ingin memulai bisnis online dengan cara menjadi reseller, maka setelah menentukan produk apa yang mau di jual, anda harus mencari supplier yang bisa di andalkan. Kenapa saya katakan bisa di andalkan? Karena saya anggap anda serius ingin mencari uang bukan sekedar main-main. Supplier yang bisa di andalkan disini maksudnya mereka adalah benar-benar supplier yang punya stok barang. Soalnya di internet banyak sekali akun-akun atau toko online mengatasnamakan dirinya seorang SUPPLIER, padahal sejatinya mereka juga seorang reseller / dropshipper


Memang ga salah sih, tapi nanti anda akan sulit ke depannya. Misalnya anda minta barang / produk yang di pesan untuk dikirim, ternyata supplier anda malah ga punya barangnya, padahal pembeli anda sudah transfer. Hal ini sering ditemui di dunia jual beli online saat ini.

Lebih parah lagi kalau ternyata yang ngaku supplier itu adalah penipu. Wah sungguh kasian para reseller yang sudah terlanjur transfer hingga berjuta-juta rupiah, sedangkan barang tak kunjung sampai ke pembeli anda. Ini namanya rugi dua kali lipat, bukannya untung malah buntung. Ga jarang lho kasus seperti ini. Jadi anda harus hati-hati ya. Oleh karena itu saya mencoba memberikan tips memilih supplier yang terpercaya, monggo di simak :)

1. Cari bukti kalau mereka supplier

Biasanya supplier itu terletak di kota-kota besar pulau jawa seperti jakarta, yogyakarta, surabaya, bandung, solo dan malang. Cara yang paling mudah adalah datangi langsung, apabila anda satu daerah dengan supplier tersebut. Misalkan anda beda daerah / beda kota bahkan pulau, coba minta kolega atau kenalan anda untuk mengunjungi alamat supplier tersebut.
Kalau misal tidak ada kolega, mintalah bukti foto toko atau tempat kerja supplier tersebut, kalau ada papan nama toko lebih baik, kalo tidak ada, coba  minta tuliskan di atas secarik kertas nama toko / onlineshop si supplier lalu ikut di foto bersama lokasi tempat berjualan. Ribet memang, tapi tenang saja, supplier sungguhan tentu dengan senang hati akan melakukannya, dan banyak juga dari mereka (supplier) yang melakukan promosi di forum jual beli atau web dengan menampilkan penampakan toko mereka.

2. Punya customer service (CS)

biasanya supplier punya customer service untuk melayani para pembelinya. Jarang seorang supplier yang punya ratusan hingga ribuan produk melayani customernya seorang diri. Pasti akan capek sekali. Kecuali supplier tersebut menjual barang-barang yang terbatas seperti koleksi barang antik. Selain itu CS nya merespon anda dengan baik minimal akan menjawab pertanyaan anda dalam waktu tidak lebih dari 1 jam. Kalau lama membalas hingga berhari-hari, sudah pasti itu bukan supplier

3. Punya website

Memang tidak semua supplier mempunyai website. Tapi supplier yang mempunyai website berarti sudah siap untuk di ajak bekerja sama. Mereka juga butuh reseller dan reseller tentu butuh supplier. Website juga berguna untuk mengupdate stok barang. Selain itu biasanya para supplier akan memberikan informasi-informasi penting seputar keberadaan tokonya di website tersebut.
Lain halnya apabila anda mencari supplier langsung ke pasar-pasar tradisional. Kebanyakan mereka hanya mengurusi dagangan dan buta akan teknologi. Tapi bila mencari langsung di pasar tradisional biasanya harganya jauh lebih miring.

4. Lihat testimonialnya

Testimoni adalah ucapan atau pernyataan seorang pembeli dalam menanggapi pelayanan dari si penjual. Biasanya ucapan terima kasih karena barang sudah datang, atau ungkapan kepuasan karena barang yang dibeli sesuai harapan. Biasanya supplier akan memasukkan testimoni-testimoni nya di web atau media sosial lainnya. Namun anda harus hati-hati karena testimoni ini bisa juga editan lho.

5. Minta foto barang pesanan dan paket anda yang siap dikirim

Ini sering dilakukan oleh customer saya. Tapi selalu saya lakukan bila di minta. Karena saya supplier baju, jadi saya selalu fotokan baju apabila diminta, selain itu penting untuk menunjukkan warna asli, karena gambar di foto hanya 90% menyerupai aslinya.
Bagi reseller yang dropship. Wajar mereka minta foto paketnya, takutnya pengirimnya pake nama toko online saya hehehe. Biasanya seperti ini hanya di awal-awal saja. Selanjutnya para reseller saya sudah percaya penuh kalau saya memberikan pelayanan yang terbaik dan siap bekerja sama dengan mereka.

6. Coba order 1 barang dulu

Ini juga sering dilakukan. Untuk membuktikan apakah supplier itu benar-benar bukan penipu, anda sebaiknya mencoba memesan 1 barang dulu, yang paling murah saja. Dengan mencoba memesan, anda bisa melihat kualitas barangnya, bentuk packingannya (rapi atau tidak), dan membuktikan apakah mereka beneran bisa dropship apa tidak.

Misal anda membeli sebuah kaos, mintalah ke supplier agar dikirim ke alamat rumah anda, dengan NAMA PENERIMA adalah SUAMI / ADIK/ KAKAK (dll) anda. NAMA PENGIRIM adalah nama anda. Jika sesuai dengan permintaan anda, berarti supplier ini bisa di ajak kerja sama.

Memilih supplier memang tidak mudah, apalagi bagi anda yang baru memulai bisnis online. Namun ikutilah tips yang saya berikan di atas. Tips itu sudah saya coba sejak pertama kali menjadi reseller dulu. Alhamdulillah tidak pernah mengalami penipuan dan selalu puas dengan pelayanan yang diberikan.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: tips memilih supplier yang terpercaya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2014/11/tips-memilih-supplier-yang-terpercaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Aspudin mengatakan...

Mantaps bisa di praktekan ni cara memilih supplier terpercaya nya. Mksh infonya

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.