YOLO !!! : YOU ONLY LIVE ONCE !!!

Posted by doddy rizqi Minggu, 27 Januari 2013 0 komentar
Sejak bertugas di IGD (Instalasi Gawat Darurat), sepertinya saya kekurangan waktu untuk menulis, maklum jam kerja di IGD cukup banyak, ditambah waktu libur digunakan untuk istirahat dan melakukan pekerjaan rumah. Alhasil social media yang sering saya kunjungi hanyalah twitter. Itupun hanya sekedar menyapa atau membalas mention teman-teman.

Berkelana di twitterland selain menambah teman juga menambah wawasan lho. Salah satunya adalah istilah-istilah yang lagi booming. Bagi sobat yang follow @footballfunnys atau @footyjokes pasti sering melihat kata YOLO terpampang di  trolled pictures yang mereka sajikan. Awalnya saya sih cuek-cuek saja, tapi lama kelamaan penasaran juga. Setelah browsing sana sini, finally saya menemukan apa itu YOLO

YOLO adalah singkatan dari YOU ONLY LIVE ONCE. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya KAMU HANYA HIDUP SATU KALI atau bahasa gaulnya LO TUH CUMAN IDUP SEKALI.

Pantes, trolled pictures yang ada kalimat YOLO nya menggambarkan kegiatan anak muda yang sifatnya hura-hura misalnya :
  • anak muda dugem, mabuk-mabukkan
  • kegiatan seksual atau pelecehan seksual
  • menggunakan narkoba
  • pemecahan rekor dunia
  • dan hal gila lainnya yang sayang dilewatkan karena hidup hanya sekali
contoh gambar YOLO:



 
Jadi makna terpendam yang saya simpulkan dari kata YOLO adalah "minimal lo harus nyoba hal yang gila karena hidup cuman sekali". Dalam pergaulan YOLO ternyata ampuh untuk menjerumuskan seorang teman yang imannya lemah. Misal sobat mau ngajak teman yang ga pernah dugem untuk ikutan dugem, gunakan saja mantra YOLO, kalau imannya lemah, dia akan mengikuti ajakan sobat.

Ubah paradigma YOLO

Sebenarnya, karena hidup cuma sekali, apa kesempatan hidup ini layak digunakan untuk kegiatan yang bersifat hura-hura dan duniawi seperti itu? Coba paradigmanya diubah. Bagi golongan theis (lawan dari atheis) yang percaya adanya dosa dan hari pembalasan, tentu harap-harap cemas jika nyawa dicabut setelah melakukan maksiat. Pernah ga sobat sehabis melakukan perbuatan dosa merasa takut jika menemui ajal, dengan alasan tidak siap? Bukankan karena YOU ONLY LIVE ONCE, sobat sebaiknya mengumpulkan bekal amal sebanyak-banyaknya untuk timbangan di akhirat kelak?

atau jika kita mau berfikir lebih dalam lagi,

Karena YOLO (baca: ente cuman idup sekali) , kenapa tidak mencari tau keyakinan yang paling benar, siapakah pencipta dan penguasa alam semesta ini. Bukankah Ibrahim as sampai mendaki gunung tertinggi untuk mencari siapa penciptanya. Bahkan berhari-hari menunggu pergantian matahari, bulan dan mengamati bintang untuk mencari yang berhak disembah. Kalau Ibrahim as hanya mengikuti keyakinan orang tuanya, niscaya Ibrahim as menjadi penyembah berhala. Apa keyakinan orang tua kita sudah benar?

Karena YOLO, kenapa kita tidak berpikir skeptis (baca: kepo) mengenai asal usul keyakinan, tatacara peribadatan, hingga kitab suci nya? Terkadang saya pun bertanya dalam diri saya, "kenapa saya menyembah Allah?" Rasa tidak puas muncul jika jawaban pertanyaan tadi adalah " karena orang tua saya Islam".  "Bagaimana jika orang tua saya salah?"
Lalu muncul pertanyaan lain lagi, "Kenapa saya harus mempercayai Nabi Muhammad?" , "Kenapa saya harus lebih memilih Alquran sebagai pedoman sedangkan ada kitab-kitab lain?" "Kenapa ada yang masuk islam dan apa alasannya?" "Kenapa ada yang murtad dari Islam, dan apa alasannya?" dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Alhamdulillah sudah banyak media atau sarana untuk mencari jawaban-jawaban pertanyaan kepo saya tadi. Sobat pun bisa mencari tau sendiri

Karena YOLO, kenapa kita tidak bersungguh-sungguh dalam bekerja dan berusaha menjadi orang yang sukses? Maksimalkan dan optimalkan kemampuan yang kita punya, jangan dikotori dengan sesuatu yang bisa merusak fokus bahkan merusak karir. Betapa banyak seorang yang sudah dipuncak kesuksesan bisa hancur karena barang bernama narkoba atau skandal sex? 

Karena YOLO, kenapa anda tidak berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain? Bukankan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain?

Dalam tulisan ini saya hanya mencoba untuk menggunakan mantra YOLO dengan tepat. Jika sobat menggunakan YOLO untuk hal negatif pasti akan muncul YOLO-YOLO lain untuk hal negatif lainnya yang justru membinasakan sobat. Sebaliknya, jika YOLO digunakan untuk hal positif, niscaya akan bermanfaat bagi anda dan juga orang-orang disekitar anda.

WaalahuAlam Bi Shshawab...

 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: YOLO !!! : YOU ONLY LIVE ONCE !!!
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2013/01/yolo-you-only-live-once.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.