BATIK JOGJA, MAKNA DIBALIK MOTIF

Posted by doddy rizqi Selasa, 18 Februari 2014 4 komentar
tugu jogja
Banyak orang yang pernah tinggal di Jogja kemudian mempunyai statement “ I LOVE JOGJA”.  Sangat wajar karena jogja adalah kota yang sangat unik dan menimbulkan banyak kesan bagi orang yang pernah menghuninya, termasuk saya. Jogja adalah kota yang kaya akan budaya. Mulai dari seni tari, beragam kendaraan tradisional seperti becak dan delman, bangunan-bangunan khas seperti joglo, keraton dan taman sari, hingga produk pakaian seperti kebaya dan batik, ya, batik jogja.

Batik jogja merupakan bagian dari perkembangan perbatikan di jawa tengah. Dalam perkembangannya batik jogja mengalami perpaduan corak dari daerah lain. Sejarah mencatat bahwa perjanjian giyanti pada tahun  1755 memegang peran penting dalam perjalanan batik jogja.  Perjanjian yang menyebabkan perpisahan dua keluarga ini membawa dampak besar salah satunya adalah dampak budaya.

Begitu mataram terbelah menjadi dua,  kraton Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri, busana kerajaan mataram di angkut dari Surakarta menuju Ngayogyakarta.  Maka kesusuhunan Surakarta tidak memiliki baju adat yang melambangkan kedigdayaan mereka. Oleh karena itu Sri Susuhunan Pakubuwono II merancang busana baru adat Surakarta, yang mana busana baru ini berbeda dengan busana mataram yang sekarang telah dimiliki oleh keraton Ngayogyakarta.

Perjanjian Giyanti mengharuskan daerah mataram dibagi dua. Satu di bawah kekuasaan Sri Susuhunan Paku buwono II di Surakarta dan satu lagi di bawah kekuasaan Kanjeng Pangeran Mangkubumi yang mana daerah kekuasaannya akan dinamakan Ngayogyakarta Hadiningrat.  Semua benda pusaka  dan benda-benda keraton juga dibagi dua. Karena Kanjeng Pangeran Mangkubumi mempunyai niat melestarikan busana khas mataram, seluruh busana mataram di boyong menuju Ngayogyakarta Hadiningrat, jadi motif batik jogja yang ada saat ini adalah motif peninggalan kerajaan mataram walaupun saat ini sudah banyak mengalami modifikasi.


Batik jogja mempunyai ciri khas yaitu memiliki dua macam latar atau warna dasar kain, putih dan hitam. Sementara warna batik bisa warna putih (warna kain mori), biru tua kehitaman dan coklat soga. Sered atau pinggiran kain, putih, diusahakan tidak sampai pecah sehingga kemasukan soga, baik kain berlatar hitam ataupun putih.  Ragam hiasnya Geometris dan non-geometris. Geometris misalnya garis miring lerek atau lereng, garis silang atau ceplok, dan kawung, serta anyaman dan limaran. Sedangkan ragam non-geometris misalnya semen, lung-lungan dan boketan.  Ada juga ragam hias yang bersifat simbolis, biasanya ragam hias ini berkaitan dengan  falsafah hindu-jawa, antara lain, sawat melambangkan mahkota atau penguasa tinggi. Meru melambangkan  gunung atau tanah (bumi). Naga melambangkan air sedangkan burung melambangkan dunia atas. Lidah api melambangkan nyala atau semangat.Bingung? yuk kita liat jenis-jenisnya  :)
batik jogja motif burung

batik jogja motif parang

batik jogja motif burung

SUMBER

main ke FANPAGE ya :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BATIK JOGJA, MAKNA DIBALIK MOTIF
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2014/02/batik-jogja-makna-dibalik-motif.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Motif Batik mengatakan...

sangat luhur filosofinya. baca juga ulasan motif batik indonesia :) happy blogging gan!

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

Baju Anak Fashion mengatakan...

terima kasih info nya.

tas fandy mengatakan...

Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

Thank's.

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.