5 tips membedakan batik asli dan batik palsu

Posted by doddy rizqi Sabtu, 22 Februari 2014 4 komentar

proses pembuatan batik tulis
proses pembuatan batik tulis
Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa ada batik yang benar-benar terbuat dari kain yang di batik, baik itu batik cap maupun batik tulis dan ada batik yang terbuat dari kain bermotif batik. Kain bermotif batik adalah kain yang disablon ataupun di print sehingga kain tersebut menampilkan corak batik di atasnya. Artikel saya kali ini  akan menjelaskan 5 tips membedakan batik asli dan batik palsu. Yuk pegang batiknya masing-masing, sudah? Mari anda mulai

  1. LIHAT, ada perbedaan yang jelas antara kain batik tulis maupun cap dengan batik print. Kain batik yang asli memiliki warna yang natural, kuat dan solid. Sedangkan kain bermotif batik memiliki warna yang lebih buram, warna sintetis,  tidak solid dan tidak alami. Selain itu anda juga bisa mengamati corak yang ada di atas kain. Batik asli biasanya coraknya terlihat tidak beraturan dan tidak rapi. Ini karena pembuatan batik asli benar-benar menggunakan tangan manusia, bukan menggunakan mesin. Tidak jarang anda menemukan kesalahan yang tidak dapat dikoreksi, karena lilin yang sudah tertuang di atas kain tidak dapat dihapus. Batik print yang proses pembuatannya menggunakan mesin hasilnya tentu sempurna tanpa cacat, karena corak yang dibuat bukan langsung diatas kain, tapi di desain dulu pada aplikasi atau pada komputer.
  2. CIUM, ciumlah batik yang anda punya. Gunakan indra pembau anda untuk merasakan bau yang muncul dari kain. Karena menggunakan lilin, batik yang asli tercium aroma lilin dari permukaannya. Sedangkan batik print yang tercium adalah bau tinta sablon atau bahkan sudah tidak memiliki bau lagi karena aroma bahan kimia biasanya hilang pada proses pencucian. Lilin yang ada pada batik asli terbuat dari bahan natural yang di ambil dari daun dan pepohonan sehingga mempunyai bau yang khas dan tahan lama.
  3. RABA, Gunakan indra peraba anda dan rasakan perbedaannya. Kain batik asli biasanya halus dan mudah jatuh. Sedangkan kain batik yang palsu lebih cenderung kaku karena pewarna atau tinta yang meresap ke celah-celah benang membuat kain lebih kaku. Selanjutnya untuk membedakan batik asli dan palsu menggunakan kesensitifan telapak tangan, tetapi tidak terlalu sulit. Batik asli yang menggunakan lilin coraknya timbul ke permukaan kain batik. Jadi ada perbedaan kontur antara lilin dengan kain yang jadi dasar. Batik print nyaris tidak memberikan perbedaan kontur antara corak dengan kain karena corak meresap pada kain.
  4. BALIK, sekarang saatnya membalik batik anda lalu perhatikan. Batik yang asli mempunyai motif dan warna yang sama dengan sisi luarnya. Sedangkan kain bermotif batik, jika dilihat motif dan warnanya jauh berbeda dengan sisi luarnya.
  5. HARGA, kalau ini semua pasti sudah pada tau. Batik asli tentu harganya lebih mahal dari batik palsu karena pembuatan batik asli selain sulit juga memakan waktu yang tidak sebentar. Proses pembuatan batik yang sesungguhnya dimulai dari menyiapkan lilin dan kain. Kemudian pembatikan itu sendiri dilanjutkan dengan pencelupan lalu penjemuran. Sedangkan pembuatan batik print maupun sablon relatif cepat karena motif yang ada di aplikasi langsung diterapkan diatas kain, apalagi jika menggunakan print, dalam waktu singkat berlembar-lembar kain bisa langsung jadi.
pembuatan batik print
pembuatan batik print

pembuatan batik sablon
pembuatan batik sablon

pembuatan batik cap
pembuatan batik cap

Apabila anda membeli batik ditawari batik asli dengan harga murah, jangan langsung mudah percaya. Lakukan kelima hal diatas. Karena sekarang banyak pedagang yang melakukan promosi dengan tipu muslihat hehehe.
Sekian 5 tips membedakan batik asli dan palsu dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

sumber dari SINI

like fan page


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 5 tips membedakan batik asli dan batik palsu
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2014/02/proses-pembuatan-batik-tulis-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Dwi Sulistiyani mengatakan...

Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

Model Baju Batik Terbaru mengatakan...

Mantap, makasih infonya ya gan, silakan mampi di blog saya http://inimodelbajubatik.com kali ajah bisa bermanfaat :)

model baju seragam batik mengatakan...

Kalau batik tulis sudah jelas bila di lihat luarnya, pasti akan sama warnanya dengan yg dalam. Juga motif batik tulis cenderung tidak sempurna. Seragam Batik

Kemeja Batik mengatakan...

Makasih mas atas penjelasan nya, baru belajar mengenal batik asli maupun batik yang tidak asli.

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.