KENALI TANDA SERANGAN JANTUNG DARI WAJAH

Posted by doddy rizqi Jumat, 14 Desember 2012 2 komentar

PENYAKIT JANTUNG BISA DIKENALI DARI WAJAH!!!


Hingga kini penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomer satu di Indonesia. Serangan jantung yang sifatnya muncul tiba-tiba sering kali terlambat untuk ditangani. Tak jarang pasien meregang nyawa dalam perjalanan menuju pusat pelayanan kesehatan terdekat. Apalagi akhir-akhir ini muncul berita selebritis yang meninggal dunia akibat serangan jantung saat berolahraga. Siapa sangka, tubuh atletis dan kekar juga dapat terkena serangan jantung. 

Sebuah penelitian telah dilakukan oleh Anne Tybj√¶rg-Hansen, seorang profesor universitas Copenhagen, Anne menguji hubungan tanda-tanda penuaan yang terlihat di wajah dengan kejadian penyakit jantung. Populasi warga denmark yang masuk ke dalam kriteria inklusi sebesar 10.500 jiwa. Populasi yang diambil berusia minimal 20 tahun. Kemudian diukur parameter tanda-tanda penuaan yang terlihat di wajah seperti: munculnya uban, keriput, kebotakan, garis kebotakan, lipatan telinga, deposit kolesterol di kelopak mata dan kornea. Selain parameter tersebut juga diukur parameter lain seperti berat badan, kadar kolesterol, kebiasaan merokok, dan diabetes mellitus.


Cukup dengan empat tanda di wajah

Hasil dari studi tersebut menunjukkan terdapat korelasi antara tanda-tanda penuaan dengan kejadian penyakit jantung. Dari 10.500 sampel, sebanyak  3.401 menderita penyakit jantung dan 1.708 sampel menderita serangan jantung. Selanjutnya dari tanda-tanda penuaan yang diukur sebelumnya, dilakukan analisis lebih lanjut. Para peneliti mengeliminasi hubungan antara keriput dengan penyakit jantung. Mereka juga tidak mengikutsertakan parameter kadar kolesterol, tekanan darah, kebiasaan merokok, dan diabetes melitus. Hal tersebut jelas sangat berhubungan erat dengan kejadian penyakit jantung. Selain itu para peneliti ini juga mengeliminasi parameter uban dan deposit kolesterol di kornea karena uban sangat berkaitan dengan umur kronologis seseorang dan deposit kolesterol di kornea cukup sulit dilihat dengan mata telanjang.

Pada akhirnya tersisa 4 tanda-tanda penuaan yang terlihat di wajah di mana keempat tanda ini berhubungan erat dengan angka kejadian penyakit jantung. Sebanyak 57% sampel yang memiliki keempat tanda ini terbukti menderita penyakit jantung. Berikut keempat tanda penuaan yang terlihat di wajah yang mana beresiko mengalami gangguan jantung:

1. Deposit kolesterol pada kelopak mata
Saat praktek di lapangan banyak ditemui penampakan seperti ini. Bulatan berwarna putih di sekitar kelopak mata. Bulatan putih lunak dan tidak sakit tersebut adalah deposit kolesterol atau xanthelasma. Umumnya deposit kolesterol ini tidak mengganggu namun cukup meresahkan penampilan. Jangan salah, deposit kolesterol ini tidak muncul hanya pada orang lanjut usia. Banyak usia dewasa muda yang sudah memiliki bulatan-bulatan putih ini di kelopak matanya. Hal ini adalah indikator tingginya kadar kolesterol yang ada ditubuh seseorang. Sebaiknya segera cek kadar kolesterol dan memulai diet rendah kolesterol.



2. Lipatan telinga

Mungkin kebanyakan dari kita tidak menyadari munculnya tanda yang satu ini. Soalnya ketika bercermin kebanyakan orang tidak memperhatikan bentuk telinganya. Munculnya lipatan pada telinga ini dipercaya karena gangguan sistem peredaran darah, yakni sistem kardiovaskular. Gangguan ini menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah ke seluruh jaringan tubuh sehingga mengakibatkan kolapsnya kapiler-kapiler yang  memasok darah ke jaringan. Kurangnya darah yang masuk ke jaringan menimbulkan beberapa manifestasi, seperti munculnya lipatan pada telinga. Contoh lain adalah disfungsi ereksi, rontoknya bulu-bulu di kaki hingga perubahan status mental.





3. Kebotakan dan 4. garis kebotakan

Nah, Tentu dua hal ini sering sekali ditemui. Sama dengan terjadinya lipatan pada telinga, kurangnya aliran darah menyebabkan hipoksia (kekurangan oksigen) pada jaringan. Kurangnya oksigen pada folikel-folikel rambut menyebabkan rontoknya rambut sehingga menimbulkan kebotakan. Coba lihat disekitar kita, apakah orang yang botak hanya orang yang lanjut usia? tentu tidak, sudah banyak orang yang berusia 30-40 tahunan mengalami kebotakan. Tidak percaya? buktinya banyak iklan di koran yang menawarkan penyubur rambut, baca testimoninya :)

Penelitian ini sudah diterima oleh American Heart Association, namun tinggal mengunggu dipublikasikan. Setidaknya dengan informasi ini kita bisa lebih mengenali tanda-tanda awal penyakit jantung. Begitu kita menemukan minimal satu saja dari keempat tanda tersebut, tentunya kita harus segera memodifikasi faktor resiko yang ada. Sayangi jantung kita. Yuk, mari kita bercermin :)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KENALI TANDA SERANGAN JANTUNG DARI WAJAH
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/12/kenali-tanda-serangan-jantung-dari-wajah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

@ Pak dody Rizqi, saya mengalami putih di kelopak mata saya saat ini, bagaimana cara menghilangkannya selain diet kolestrol tadi. tks

doddy rizqi mengatakan...

terima kasih pak sudah memberikan komentar :)
untuk terapi awalnya memang harus diet rendah lemak, tapi deposit lemak yang ada di tepi mata memang tidak bisa hilang
adapun cara untuk menghilangkannya bisa dengan bedah minor atau penyuntikan zat asam asetat pada deposit lemak tersebut

bisa konsultasi ke dermatologis untuk lebih lanjut pak

terima kasih :)

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.