12 TIPS JITU MEREDAM MARAH

Posted by doddy rizqi Minggu, 02 Desember 2012 1 komentar


Siapa yang tidak pernah marah? kalau ada pasti bukan manusia, wong hewan saja akan marah jika diganggu apalagi kalo diganggu anaknya hehehe. Marah adalah hal manusiawi yang diturunkan sang pencipta untuk makhlukNya. Setiap sensasi marah akan menimbulkan perubahan hormonal di dalam tubuh seseorang. Singkat kata, marah memicu keluarnya hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar suprarenal. Hormon kortisol ini bisa dibilang hormon "antagonis" bagi tubuh karena fungsinya yang cenderung melemahkan. Metabolisme gula dan lemak akan terganggu sehingga tubuh akan kekurangan energi. Fungsi otak juga bisa terkena imbasnya, akibatnya bisa muncul penyakit neurodegenerative dini (contohnya: mudah lupa) dan menimbulkan depresi.

Yang tak kalah, orang yang mudah marah lebih beresiko terkena penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung. Kortisol tadi bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit, makanya orang yang suka marah sering dibilang darah tinggi. Ternyata bisa dijelaskan secara medis. Nah, sekarang bagaimanakah cara untuk mengontrol marah? Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengontrol emosi:

1. Berhitung

Mungkin sudah banyak yang tau cara ini. Sebelum suasana semakin rumit, cobalah berhitung dalam hati 1 - 10 pelan-pelan. cara ini manjur untuk mengobati marah. Bagaimana jika anda dalam kondisi marah sekali? cukup 1- 10, tidak perlu sampai 100, yang penting di praktekkan dulu, jika belum reda, boleh kok di ulangi.


2. Lampiaskan kemarahan, tetapi tunggu diri anda tenang

Ketika suasana hati sudah dingin, coba anda utarakan unek-unek dengan tegas. Sampaikan maksud anda kepada lawan bicara dengan catatan emosi anda sudah teredam.

3. Alihkan ke aktivitas fisik

Maksudnya bukan berkelahi dengan lawan bicara ya.. Ketika anda marah, anda sedang mengumpulkan energi yang besar, segera alihkan dengan berjalan atau berlari atau kegiatan yang anda sukai. Jika anda melakukannya otak anda akan mengeluarkan hormon beta endorfin yang menimbulkan rasa nyaman dan senang untuk diri anda.

4. Pikir sebelum bicara

Ini sangat penting. Jika anda berada dalam situasi yang panas atau anda sudah hampir mencapai puncaknya. Ambil sedikit waktu untuk mengumpulkan kata-kata sebelum mengucapkan sesuatu. Kata-kata yang keluar dijamin tidak akan sepedas anda berbicara tanpa dipikir terlebih dahulu

5. Coba cari solusi yang baik

Daripada anda mengungkit-ungkit penyebab kemarahan hingga tak kunjung usai, lebih baik anda mencari solusi agar hal yang sama tidak terjadi. Misal pasangan anda terlambat datang untuk acara makan malam, cobalah atur jadwal makan malam ulang, berpikir positif, mungkin si dia sedang ada urusan. Cobalah mencari solusi dari pada mengungkit permasalahan.

6. Gunakan "saya" daripada "kamu"

Untuk menghindari masalah jadi semakin runyam, ketika berbicara dalam kondisi marah, gunakan kata "saya" lebih dulu daripada kata "kamu" yang cenderung akan menyalahkan lawan bicara. Misal, "saya agak kesal kamu tidak pernah membantu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah." Coba dibandingkan, " kamu tidak pernah menyelasaikan pekerjaan rumah."

7. Jangan menyimpan dendam

Ini perlu latihan. Jadilah orang yang mudah untuk memaafkan. Sesungguhnya memberikan maaf lebih baik dari pada melanjutkan konflik karena tidak ada yang mau mengalah. Percayalah, dengan anda memberikan maaf, anda jauh lebih di hargai oleh orang-orang disekitar anda.


Selain itu untuk kaum muslimin memiliki cara yang sudah diajarkan oleh Rasulullah dalam mengontrol emosi. berikut cara yang di ajarkan beliau

1. Membaca kalimat sakti
 Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu "A'uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim" "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk" (H.R. Bukhari Muslim).
2. Ubah posisi dari berdiri jadi duduk
Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah"                 (H.R. Abu Dawud).
jika anda marah sambil berdiri akan membuat anda untuk mengambil tindakan fisik, maka dari itu    Rasulullah memerintahkan untuk duduk.

3. Ambillah wudhu
Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah" (H.R. Abud Dawud).
4. Lebih baik diam
Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah" (H.R. Ahmad).
 5. Bersujudlah (Shalat sunnah 2 rakaat)

Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah dilehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud). (H.R. Tirmidzi)

Hanya ada satu jenis marah yang di ridhai yakni marah karena Allah. Seperti apakah itu? Kita patut marah bila melihat kemaksiatan dan kesyirikan merajalela. Kita juga wajib marah apabila Rasulullah dihina dan dilecehkan. Pada saat-saat itulah marah kita berbuah pahala. Wallahu Alam Bishowab


Sekian tips yang saya ambil dari berbai sumber semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Tips di atas hanyalah menjadi tulisan yang tidak berguna di blog ini apabila tidak di praktekkan :D

salam sehat
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 12 TIPS JITU MEREDAM MARAH
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/12/12-tips-jitu-meredam-marah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

selimut mengatakan...

pikirkan dampak buruk kalo kita melepaskan kemarahan membabi buta, itu bisa membantu mendinginkan pikiran kita.

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.