4 RAHASIA MENCAPAI USIA 100 TAHUN (EPS 2)

Posted by doddy rizqi Jumat, 09 November 2012 0 komentar

Mari kita lanjutkan obrolan 4 rahasia hidup 100 tahun...yang eps 1 sudah di baca kan? kalo belum dibaca dulu yaa.. ini lanjutannya :)

3. Wa laa  tusyrifu...

Segala sesuatu yang berlebihan pasti itu tidak baik, bahkan bisa menimbulkan kerugian pada diri kita. Contoh yang paling mudah adalah bila overdosis obat, pasti akan ada efek samping yang muncul kan. Wa laa Tusyrifuu apabila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah ..dan Jangan berlebihan..
Lalu sebenarnya apa yang jangan berlebihan? Sebenarnya point 3 di atas adalah penggalan dari salah satu ayat Alquran Alkarim yakni Al A'raf 31

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al A'raf 31)

Ternyata sebelum kata Wa laa tusyrifuu ada 3 hal yakni: berbusana yang indah ketika masuk masjid, makan dan minum. Apa maksud dari ayat ini? jelas larangan untuk tidak boros dan berlebihan terutama untuk berbusana. Selain itu jangan berlebihan dalam makan dan minum. Sungguh, sebenarnya Allah telah menghimpun seluruh ilmu kedokteran dalam satu ayat ini. Apabila manusia dalam hidupnya mematuhi ayat ini saja, niscaya tubuhnya akan lebih sehat dan jarang terkena penyakit. Sekarang berapa banyak nama penyakit yang di awali dengan kata hyper- (bahasa latin, dalam bahasa indonesia berarti lebih),misal hipertensi (tensi berlebih), hiperkolesterolemia (koleseterol darah berlebih), hiperlipidemia (lemak dalam darah berlebih) dsb. Dan penyakit-penyakit itulah yang menyebabkan penyakit seperti stroke, sakit jantung hingga kematian.


Intinya..makan dan minum secukupnya, kata Rasulullah berhentilah makan sebelum kenyang. Rasul pun membagi lambung menjadi 3 tempat, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, 1/3 untuk udara. jadi saat makan lambungnya jangan dipenuhi ya...disisain untuk udara. Yuk dilatih, Insya Allah, tubuh kita jadi lebih sehat :)

4. Meditasi dari langit

dalam ilmu kesehatan cina, meditasi mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, baik untuk kesehatan fisik maupun rohani. Adapun bangsa arab telah menemukan sebuah cara meditasi yang konon sumbernya langsung dari langit, bahkan meditasi ini sudah menjadi kewajiban, apa itu? meditasi ini dinamakan SHALAT. Yap, umat muslim wajib melaksanakannya minimal 5 kali dalam sehari, dan disunnah kan menambah dengan shalat sunnah lainnya.  

Shalat sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk peredaran darah dan limfe (kekebalan tubuh). Selain itu shalat juga bermanfaat untuk kesehatan persendian karena sendi akan selalu bergerak ketika shalat dan pada saat itu juga cairan sendi juga akan terus diproduksi tubuh. Bagi kesehatan jiwa? tidak perlu diragukan, orang yang taat beribadah relatif tidak mudah stress dan jarang sakit.
selain shalat 5 waktu, ada amalan shalat sunnah yang bisa mendatangkan rezeki. Shalat apakah itu? jawabannya adalah shalat dhuha

Nabi SAW bersabda,

عَنْ  أَبِي ذَرٍّ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، أَنَّهُ قَالَ : " يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ  سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى "

"Setiap pagi, setiap persendian setiap orang di antara kalian wajib disedekahi (dalam riwayat lain disebutkan jumlahnya 360 persendian).  Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan perbuatan makruf adalah sedekah, dan melarang dari perbuatan mungkar adalah sedekah. Dan semuanya sudah tercukupi oleh shalat Dhuha dua raka'at." (HR. Muslim, Al-Baihaqi, Ath-Thabarani, dan Abu ‘Awanah)

Itulah 4 bocoran dari surga bagaimana caranya berumur panjang, tinggal kita semua mengaplikasikan,dimulai perlahan-lahan dan keep istiqomah..Insya Allah umur panjang  dan juga berkah :)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 4 RAHASIA MENCAPAI USIA 100 TAHUN (EPS 2)
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/11/4-rahasia-mencapai-usia-100-tahun-eps-2.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.