SEHARUSNYA KITA BERCINTA

Posted by doddy rizqi Kamis, 08 November 2012 0 komentar
Apa makna cinta bagi anda? bagi kebanyakan orang cinta merupakan sebuah luapan perasaan suka atau sayang yang menggebu-gebu. Luapan perasaan ini bisa ditujukan kepada sesama manusia atau non-manusia. Cinta yang ditunjukkan untuk manusia umumnya terhadap lawan jenis, padahal tidak selalu seperti itu. sedangkan cinta yang ditunjukkan untuk non-manusia bisa lebih variatif, misalnya cinta pada hewan peliharaan, harta benda, ataupun pekerjaan. 

Lalu seperti apakah tanda atau ciri-ciri kita mencintai sesuatu? Apakah hati kita berdebar-debar apabila mendekat objek cinta itu? mungkin iya jika cinta itu kita tujukan untuk lawan jenis. Tapi yang namanya jika kita sudah mencintai sesuatu, entah itu manusia atau non-manusia, kita akan terasa malas atau sedih jika kita harus jauh dari objek cinta tersebut. Bahkan kita akan sangat benci apabila ada yang mengganggu kegiatan kita bersama objek cinta itu. Betul tidak? anda semua pasti pernah merasakannya :)

Jika sesorang telah jatuh cinta, ia lebih suka berbicara dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain. Berapa jam yang kita habiskan telpon-telponan atau sekedar BBM-an dengan yang kita cintai, bahkan sampai lupa makan, minum dan ibadah? 


Jika seseorang telah jatuh cinta, ia lebih suka bertemu atau menemui yang dicintai dibandingkan dengan yang lain. lebih milih mana bertemu pacar atau bertemu orang tua yang datang menjenguk ke kos jauh-jauh dari seberang pulau?

Jika seseorang telah jatuh cinta, ia lebih suka mengikuti kemauan yang dicintai dibanding kemauan diri sendiri atau orang lain. Kita rela menabung uang jajan untuk membelikan barang atau hadiah untuk membahagiakan orang yang kita cintai. Malah ada lho yang rela puasa senin-kamis supaya tidak keluar duit, yang mantep lagi kalo puasa daud :)

Cinta itu adalah naluri. Anugerah yang indah diberikan rabb sekalian alam, Allah SWT. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki rasa cinta, oleh karena itulah hewan dan tumbuhan pun bisa berkembang biak. Perasaan cinta pada hakikatnya salah satu sarana makhluk-Nya untuk beribadah kepadanya. Tetapi dengan cinta pula lah Allah memberi ujian kepada makhluk-Nya, untuk itulah Allah menciptakan hawa nafsu. 

Terkadang kita sulit membedakan yang manakah cinta dan yang mana hawa nafsu. Oleh karena itu kita harus berhati-hati biasanya hawa nafsu berdampingan dengan cinta dan siapa yang terjerumus pada hawa nafsu akan jatuh kedalam kerugian. lalu bagaimanakah kita membedakannya?

Seperti yang saya tulis di atas, sulit membedakan cinta dan nafsu, yang bisa kita lakukan adalah menyikapi cinta itu seperti apa. Islam agama yang indah dan komplit, hingga bagaimana menyikapi cinta sudah diatur di dalamnya.

Rasulullah solallahu alaihi wasallam berkata, "cintailah sesuatu itu dengan biasa-biasa saja, karena boleh jadi suatu saat nanti dia akan menjadi sesuatu yang kamu benci, dan bencilah sesuatu yang tidak kamu ketahui dengan biasa-biasa saja, karena boleh jadi suatu saat dia menjadi yang kamu cintai." (H.R Bukhari, Abu daud, Tirmizi, dan Ibnu majah, dari Abu Hurairah)

selain itu dalam Alquran, surat At Taubah ayat 24 dijelaskan

Katakanlah: "jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. 

Seperti itulah kita menyikapi cinta. kepada siapa cinta kita tujukan sesungguhnya dengan jelas tersurat di dalam At Taubah 24. Memang itu sesuatu yang sulit bagi kita manusia yang sangat lemah ini. Kita lebih sering tergoda dengan hawa nafsu, oleh karena itu senantiasa kita harus memperbaiki kualitas iman. Ketika iman turun maka berwudlu lah, segera ambil Alquran, baca lalu resapi maknanya. Insya Allah, Allah SWT akan memberikan petunjuk bagi hamba-Nya yang juga mencintai-Nya


..dan yang paling indah adalah..saling mencintai karena Allah.... :)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SEHARUSNYA KITA BERCINTA
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/11/seharusnya-kita-bercinta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.