5 KRITERIA OLAHRAGA YANG BAIK

Posted by doddy rizqi Senin, 12 November 2012 8 komentar

5 KRITERIA OLAHRAGA YANG BAIK

Kita semua tau kalau olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Motivasi seseorang untuk melakukan olahraga tentu berbeda-beda. Motivasi tersebut antara lain ingin tampak lebih kurus, ingin membentuk tubuh agar tampak lebih atletis, atau sekedar mencari kebugaran agar tubuh tetap sehat. Rupanya ada kriteria untuk jenis olahraga yang benar-benar membuat tubuh sehat bahkan bisa mengobati penyakit-penyakit yang mempunyai komplikasi berbahaya seperti stroke dan sakit jantung.

1. Continous
    Olahraga yang dilakukan secara berkesinambungan terus menerus tanpa berhenti. Misal: apabila olahraga yang dipilih adalah jogging, maka jogging dilakukan terus menerus selama 30 menit tanpa henti. Sebenarnya sesuai dengan kekuatan atau stamina anda, bila tidak kuat 30 menit, pertama-tama ditarget jogging tanpa henti selama 15 menit. Jika sudah terbiasa durasi bisa ditingkatkan menjadi 30 menit.


2. Rhytmic 

    Jenis Olahraga yang anda pilih harus yang berirama. Maksudnya pilihlah olahraga yang membuat otot ditubuh berkontraksi dan berelaksasi secara teratur. Misalnya: jogging, bersepeda, senam, berenang, atau yang paling ringan yakni jalan kaki. Dengan adanya kontraksi dan relaksasi otot yang teratur, maka metabolisme akan berjalan lebih baik dan lemak ditubuh akan mudah terbakar. Selain itu, jantung akan memompa darah dengan stabil. Bermain sepak bola, futsal, tenis tidak termasuk karena banyak berhenti dan terlalu memacu jantung untuk memompa darah lebih berat dari biasanya. 

3. Interval
    Gerakan yang dilakukan selang-seling antara gerakan yang cepat dan lambat. Bila seseorang jogging dengan cepat sejak awal tentunya akan terasa melelahkan sekali. Akan lebih baik jika diselingin dengan berjalan, Misalkan 10 menit digunakan untuk jogging, 5 menit untuk berjalan kemudian dilanjutkan lagi dengan jogging, begitu seterusnya. contoh lain adalah jalan cepat lalu diselingi jalan lambat.

4. Progressive
    Jangan terburu-buru jika melakukan olahraga. Semua olahraga wajib diawali dengan pemanasan dulu. Setiap olahraga yang anda pilih sebaiknya dilakukan sesuai kemampuan anda, jangan terlalu bernafsu misal anda ingin jogging 5 km tanpa henti atau ingin jogging selama 60 menit tanpa henti. Bagi seseorang yang belum pernah atau jarang berolahraga hal ini tentu akan memperberat tubuh terutama jantung. Sebaiknya bertahap dari yang anda mampu lalu dinaikkan bertahap. Misal minggu ini jogging 15 menit dulu, dilanjutkan minggu depan jogging selama 30 menit. Diawali dari intensitas ringan, sedang hingga batas maksimal anda. Olahraga yang baik cukup dilakukan 30 - 60 menit setiap harinya.

5.  Endurance
     Bahasa indonesianya adalah daya tahan. Olahraga yang baik adalah olahraga yang menguji serta meningkatkan daya tahan kardiorespirasi (baca: kinerja jantung dan paru). Carilah olahraga yang membuat anda terengah-engah atau ngos-ngosan hingga keringat bercucuran. Lagi-lagi saya merekomendasikan jogging, berenang, bersepeda atau jalan cepat.

jadi olahraga seperti apa?

Kesimpulannya adalah olahraga yang baik adalah olahraga yang memenuhi kriteria CRIPE di atas. Olahraga yang memenuhi kriteria diatas adalah jogging, berenang, bersepeda atau jalan cepat. Dalam 1 minggu direkomendasikan berolahraga 3-4 kali dengan durasi waktu cukup 30-60 menit. 2 hari lainnya anda bisa berolahraga sesuai kesenangan anda seperti basket, sepakbola, tenis dan sebagainya. Oh iya satu lagi, olahraga yang disebutkan di atas juga digunakan sebagai terapi lini pertama penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Selamat berolahraga :) 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 5 KRITERIA OLAHRAGA YANG BAIK
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/11/5-kriteria-olahraga-yang-baik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

8 komentar:

Kaoki mengatakan...

wah bermanfaat sekali, Dok....

berhubung saya msh jarang olahraga, dgn artikel ini menambah semangat saya tuk semangat Jogging/ olahraga yg lainnya....

sekali lagi terima kasih dan doakan saya biar bisa berkelanjutan sampai tua...hehehe.... :p

doddy rizqi mengatakan...

iya kaoki, senang kalo artikelnya bermanfaat,,,
saya doakan agar sehat selalu dan tetap istiqomah olahraganya ya :)

kalo mau ngobrol masalah kesehatan bisa via twitter atau PM aja
insya Allah saya balas :)

Usaha Ini mengatakan...

mantap infonya!!!
thanks...

mampir juga ya ketempat ane..
Usahaini.com Healthy Shop
"anyone, anytime, anywhere"

Anonim mengatakan...

waw sngat brmanfaat

Anonim mengatakan...

mantab.trims infonya.

Susiana Tanuwidjoyoningrat mengatakan...

AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
BBM : D89CC515
bandar judi
agen terpercaya
sabung ayam bangkok

it solution jakarta mengatakan...

nice info

Agnes Maria mengatakan...

Thx untuk infonya.. bermanfaat sekali.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/kapan-waktu-yang-terbaik-untuk-bersepeda-apakah-harus-selalu-pagi-hari/

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.