7 ALASAN ANDA TIDAK BOLEH TERKENA DIABETES MELITUS

Posted by doddy rizqi Rabu, 14 November 2012 0 komentar

7 ALASAN ANDA TIDAK BOLEH TERKENA DIABETES MELITUS


WHO, Organisasi kesehatan dunia menetapkan tanggal 14 November sebagai hari diabetes internasional. Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh ketidakmampuan hormon insulin untuk memasukkan glukosa (gula) darah ke dalam sel-sel tubuh. Akibatnya terjadi penumpukan glukosa di dalam sirkulasi darah. Padahal di dalam sel itulah terjadi proses metabolisme glukosa menjadi energi. Maka dari itu orang yang terkena diabetes akan tampak lemas, letih, lesu karena kekurangan energi.

Mengapa diabetes perlu diperingati? Soalnya penyakit ini mempunyai dampak yang sangat buruk bagi si penderita maupun bagi negara sekalipun. Lho kenapa kok negara juga ikut-ikutan kena dampak? Karena burden cost (beban biaya) untuk mengobati diabetes tidaklah sedikit. Negara yang baik tentu akan memberi jaminan kesehatan bagi rakyatnya. Seperti negara kita yang tercinta ini, pengobatan diabetes sudah ter cover oleh JAMKESMAS maupun ASKES.

Mentang-mentang sudah di cover bukan berarti kita santai-santai saja. Jelas anda harus berhati-hati agar jangan sampai terkena diabetes melitus. Ada beberapa alasan mengapa anda tidak boleh terkena diabetes melitus, berikut alasannya:

1. Komplikasi yang mengerikan
    Diabetes melitus dan darah tinggi ibarat lingkaran setan. Penderita diabtes dapat terkena penyakit hipertensi. Begitupula sebaliknya, penderita hipertensi bisa terkena diabetes melitus. Dua jenis penyakit ini adalah akar dari berbagai penyakit mengerikan seperti stroke, sakit jantung, dan gagal ginjal. Apabila tidak terkontrol akan sangat mudah muncul komplikasi penyakit mengerikan tersebut dan tak sedikit yang berujung dengan kematian.




2. Obat seumur hidup / suntikan seumur hidup
    Percaya atau tidak percaya diabetes melitus tidak dapat disembuhkan, dengan kata lain si penderita tidak bisa seperti dahulu kala sebelum terkena diabetes. Minimal penderita harus ekstra mengatur pola makan dan latihan jasmani yang harus  benar-benar rutin. Sebagian besar pasien harus mengkonsumsi obat anti diabetes setiap hari dan tidak boleh putus. Bahkan harus menggunakan suntikan insulin setiap mau makan dan sebelum tidur. Tentu anda tidak mau kan? :)





3. Biaya yang tidak kecil
    Memang pengobatan diabetes sudah dijamin oleh pemerintah tetapi tidak semua obat yang dijamin. Ada beberapa obat yang kadang memang sangat diperlukan tapi tidak diberikan oleh pemerintah. Anda harus membeli sendiri, ironisnya harga obat tersebut mahal. Belum lagi biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Karena pengobatan diabetes tidak seperti mengobati influenza yang cukup 2-3 hari sembuh. Pengobatan diabetes harus seumur hidup.
4. Makanan pun dibatasi
    Percaya deh, salah satu kenikmatan dunia akan berkurang jika terkena diabetes, salah satunya adalah nikmat makan. Tentunya penderita diabetes harus mendapatkan menu khusus diabetes. Menu khusus diabetes sudah diatur oleh ahli gizi. Rasanya sangat berbeda dengan makanan orang sehat. Dominasi rasa hambar dan eneg, dan makanan seperti inilah yang harus dimakan terus-menerus. Kadang akan terasa menyedihkan bila ada jamuan makan-makan dan si penderita harus berhati-hati memilih makanan yang dihidangkan.
5. Produktivitas terganggu
    Penderita diabetes dapat beraktivitas seperti biasa bila kadar gula dalam darah terkontrol. Bagi yang tidak terkontrol badan akan terasa lemah, letih, dan lesu. Mau beraktivitas terasa malas. Padahal penderita harus tetap bekerja mencari nafkah. Sementara itu biaya pengobatan dan perawatan diabetes tidaklah sedikit. Tidak jarang penderita diabetes melitus yang sudah parah hanya bisa duduk diam di rumah.
6. Mau diamputasi?
Salah satu komplikasi diabetes yang mengerikan adalah luka yang sukar bahkan tidak bisa sembuh. Lokasi luka yang paling sering terjadi adalah di kaki. Kenapa di kaki? Karena kaki digunakan untuk berjalan sehingga mudah terbentur atau terkena gesekan. Selain itu, penderita diabetes juga mengalami hipoestesi (kurang peka terhadap rangsang sentuh, nyeri, dan suhu). Jadi bila luka penderita seperti tidak terluka. Bahayanya luka yang sukar sembuh itu akan terinfeksi dan bisa menjalar dari kaki naik ke lutut. Untuk mencegah penjalaran, maka dilakukan amputasi.

7. Loyo di ranjang  
    Masalah seks juga ikut terkena dampak. Bagi pria akan muncul sebuah komplikasi yang menakutkan yaitu impotensi. Sedangkan bagi wanita akan sulit merasakan orgasme karena sensasi diujung-ujung saraf akan menumpul. Belum lagi salah satu tanda khas diabetes bagi wanita adalah gatal di sekitar kemaluan. Bila sudah seperti ini tentu akan mempengaruhi keharmonisan hubungan suami istri. 





 Jadi begitulah kira-kira 7 alasan anda tidak boleh terkena diabetes melitus. Dampak yang diberikan diabetes sungguh sangat menakutkan. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Jawabannya adalah gaya hidup sehat yakni makan yang bergizi, olahraga yang teratur (ada syaratnya lho!!), hindari stress, dan tidak merokok. Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 7 ALASAN ANDA TIDAK BOLEH TERKENA DIABETES MELITUS
Ditulis oleh doddy rizqi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://doddyrizqi.blogspot.com/2012/11/7-alasan-anda-tidak-boleh-terkena.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LONG LIFE LEARNING.